Jumat, 27 Mei 2016

REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI PASAR RAYA PADANG PASCA GEMPA

REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI  PASAR RAYA PADANG PASCA BENCANA GEMPA 2009 SEBAGAI BAGIAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN


I. PENDAHULUAN
1.1 Latar  Belakang
Terjadinya bencana ternyata masih meninggalkan beberapa catatan penting dalam proses penataan daerah terdampak bencana tersebut. Seperti yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada tahun 2006, ide utama penataan kembali adalah mengembalikan kawasan yang terkena bencana dapat kembali seperti semula bahkan diharapkan akan menjadi lebih baik. Namun, dalam tahapan pelaksanaan pembangunan kembali di lapangan ternyata masih terkendala dengan situasi dan kondisi yang melingkupi munculnya kebijakan pemerintah daerah atas program pembangunan kembali wilayah terdampak bencana. Tidak semua kebijakan pemda yang ada menjadikan program pembangunan kembali sebagai prioritas yang mesti dilakukan.
Dalam penelitian Resmiatin dan Istiyanto (2007) di lokasi wisata Pantai Pangandaran Ciamis, program pembangunan kembali kawasan pantai berjalan dalam tahapan lima tahun dimulai dari tahapan fisik hingga tahapan mental. Bahkan dalam tahap perencanaan awal masyarakat dilibatkan dalam penyusunan program pembangunan kembali dari pemerintah. Ada bentuk lembaga yang menjadi payung mekanisme keterlibatan masyarakat Pantai Pangandaran dapat dilihat dari lembaga Rukun Nelayan yang muncul menjadi pintu komunikasi antar nelayan di daerah Pangandaran. Mereka diawalnya mendapat pengganti berupa perahu, jaring dan mesin tempel tergantung kerugian yang diderita berkisar tujuh juta hingga 25 juta rupiah (Istiyanto, 2010). Sayangnya, empat tahun setelah bencana lembaga tersebut sudah tidak aktif karena merencanakan pertemuan hanya setahun sekali. Sebagai pengganti terbentuk kelompok nelayan yang terbagi dalam beberapa kelompok yang membicarakan tentang usaha para nelayan pangandaran secara umum. 
Tidak jauh berbeda dengan penanggulangan bencana lainnya di Indonesia, penanggulangan bencana Sumatera Barat tidak lepas dari berbagai masalah sosial. Permasalahan itu antara lain mulai dari soal pendataan, pendistribusian bantuan yang tidak merata, hingga kebijakan dan pelaksanaan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi. Masalah pendataan dan pendistribusian bantuan yang tidak merata terjadi hampir di semua daerah yang terkena bencana gempa Sumatera Barat dalam masa tanggap darurat. Selain itu pelaksanaan distribusi bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi juga tidak luput dari masalah, mulai dari kebijakan hingga pelaksana teknis di lapangan. Pada level kebijakan, kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas publik mengalami masalah yang sama dan bahkan mendapat penentangan dari masyarakat korban bencana dalam bentuk protes. Protes kebijakan rehabilitasi dan rekonstruksi muncul karena kebijakan dan dampak pelaksanaannya yang sejak awal sudah menuai masalah. Protes terhadap kebijakan terutama terjadi di kota Padang dengan korban fasilitas publik terbanyak. Kebijakan rehabilitasi dan rekonstruksi Pasar Raya Padang menjadi salah satu kebijakan yang mendapat penentangan dari korban bencana dan menimbulkan konflik sosial pasca bencana. 
Penolakan kebijakan rehabilitasi dan rekonstruksi kemudian menuai konflik berkepanjangan antara masyarakat dengan pemerintah. Konflik kemudian menjadi manifes dan melahirkan banyak protes dari korban bencana dengan massa yang luas. Eskalasi konflik terus terjadi dan melahirkan puluhan demonstrasi menentang kebijakan penanggulangan bencana yang terutama dimotori oleh konflik rahabilitasi dan rekonstruksi Pasar Raya Padang. 
Akar konflik yang muncul antara pemerintah dengan korban bencana adalah pembangunan kios darurat yang dilakukan oleh pemerintah kota Padang tanpa melibatkan pedagang yang menjadi korban bencana. Kebijakan pembangunan kios darurat oleh Pemko Padang tidak hanya sampai pada pembangunan kios, namun berlanjut ke kebijakan-kebijakan lain, seperti pembangunan Pasar Inpres II, III, dan IV, serta pembangunan Fase VII lantai II dan III, yang juga ditentang oleh pedagang yang kemudian menjadi pemicu lahirnya konflik konflik baru. 
Meskipun faktor yang mendorong munculnya konflik adalah pembangunan kios darurat, namun dalam skala besar terdapat tiga kebijakan yang menjadi faktor penyebab munculnya konflik antara masyarakat dengan Pemko Padang, yaitu (Fitriani: 2012) 
a.  Kebijakan pembangunan kios penampungan sementara pada masa tanggap darurat yang dianggap merugikan pedagang. 
b. Kebijakan pembangunan ulang pasar Inpres I, II, III dan IV yang dianggap oleh pedagang tidak sesuai dengan kebutuhan pedagang dan keluar dari konteks penanggulangan bencana. 
c. Pembangunan Fase VII lantai II dan III yang mengharuskan pengosongan pada lantai I. 
Konflik yang terus berkepanjangan  selain membuat proses pembangunan kembali Pasar Raya Padang menjadi sangat lambat, juga mengakibatkan pamor Pasar Raya Padang yang dulu terkenal dengan sentra bisnis di kawasan regional semakin menurun. Kawasan jalan Permindo yang dulu dikenal sebagai “Malioboro” Padang hingga akhir 2014 sangat tidak tertata. Pusat bisnis yang sangat terkenal dan menjadi tempat berkreasinya anak muda tersebut  dijejali oleh puluhan pedagang kaki lima disepanjang trotoar dan halaman pertokoan, nyaris tanpa menyisakan tempat untuk pejalan kaki.  Begitu juga jalan Sandang Pangan yang ketika sebelum terjadi gempa merupakan surga pencinta kuliner malam sekarang tidak lagi berfungsi. Secara umum, sejak 2009 hingga 2015 pasar raya padang identik dengan kumuh, sembrawut dan macet. Kondisi ini jelas membuat sebagian masyarakat enggan berbelanja di Pasar Raya yang berakibat menurunnya pendapatan para pedagang dan secara sosial ekonomi menimbulkan dampak tersendiri.
Padahal Pasar Raya Padang merupakan sentra perekonomian dimana ribuan orang  bergantung hidup dari transaksi yang terjadi di pasar tradisional ini. Selain itu Pasar Raya merupakan salah satu aset daerah Kota Padang dengan luas tanah 57.967 m2, luas bangunan 45.157 m2, jumlah toko/kios 2.509 unit dan meja batu 715 buah ( BPS Kota Padang: 2010), merupakan pasar induk yang menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang. 

1.2 Perumusan Masalah
Dari pemaparan di atas, dapat dirumuskan permasalahan dalam makalah ini yaitu bagaimana program rehabilitasi dan rekonstruksi Pasar Raya Padang pasca gempa 2009 sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

1.3 Tujuan Penulisan
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tata cara komunikasi pembangunan dan program yang dilakukan  oleh Pemko Padang dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi Pasar Raya Padang dan hambatan-hambatan yang dihadapinya. Secara khusus penulisan makalah ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan penyebab  lambatnya pembangunan kembali Pasar Raya Padang pasca gemba 2009.
1.4 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah : 
1. Secara akademis berguna memberikan kontribusi ilmu terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya yang berhubungan dengan disiplin ilmu komunikasi, terutama bagi studi komunikasi pembangunan, dan juga sebagai bahan masukan bagi penelitian yang lebih lanjut agar dapat lebih baik mempertahankan dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam makalah ini. 
2. Secara praktis sebagai masukan bagi Pemerintah Kota Padang dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan terkait program pembangunan berkelanjutan di masa yang akan datang. 

II. TINJAUAN PUSTAKA
1. Komunikasi Pembangunan
Salah satu kajian dari komunikasi yang akan dibahas dalam makalah tentang revitalisasi dan rekonstrukrisasi pasar raya Padang pasca gempa 2009 adalah komunikasi pembangunan. Keberhasilan pembangunan berawal dari adanya komunikasi dalam pembangunan. Komunikasi memiliki peran dalam pelaksanaan pembangunan. Konsep komunikasi pembangunan dapat dilihat dalam arti yang luas dan terbatas. Dalam arti yang luas, komunikasi pembangunan meliputi peran dan fungsi komunikasi (sebagai suatu aktivitas pertukaran pesan secara timbal-balik) diantara semua pihak yang terlibat dalam usaha pembangunan, terutama antara masyarakat dengan pemerintah, sejak dari proses perencanaan, kemudian pelaksanaan, dan penilaian terhadap pembangunan, cara, serta teknik penyampaian gagasan, dan keterampilan-keterampilan pembangunan yang berasal dari pihak yang memprakarsai pembangunan dan ditujukan kepada masyarakat luas. Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat yang dituju dapat memahami, menerima, dan berpartisipasi dalam melaksanakan gagasan-gagasan yang disampaikan tadi. Kedua pengertian tersebut merupakan acuan dari konsep komunikasi pembangunan pada umumnya. Sedangkan konsep komunikasi pembangunan khas Indonesia dapat didefinisikan oleh Effendy (2005: 92) sebagai proses penyebaran pesan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada khalayak guna mengubah sikap, pendapat, dan perilakunya dalam rangka meningkatkan kemajuan lahiriah dan kepuasan batiniah, yang dalam keselarasannya dirasakan secara merata oleh seluruh rakyat.
Agar komunikasi pembangunan lebih berhasil mencapai sasarannya, serta dapat menghindarkan kemungkinan efek-efek yang tidak diinginkan. Kesenjangan efek ditimbulkan oleh kekeliruan cara-cara komunikasi, hal ini bisa diperkecil bila memakai strategi komunikasi pembangunan yang dirumuskan sedemikian rupa, yang mencakup prinsip-prinsip berikut:
1. Pengunaan pesan yang dirancang secara khusus (tailored message) untuk khalayak yang spesifik.
2. Pendekatan “ceiling effect” yaitu dengan mengkomunikasikan pesan pesan yang bagi golongan yang dituju (katakanlah golongan atas) merupakan redudansi (tidak lagi begitu berguna karena sudah dilampaui mereka atau kecil manfaatnya, namun tetap berfaedah bagi golongan khalayak yang hendak dicapai.
3. Penggunaan pendekatan “narrow casting” atau melokalisir penyampaian pesan bagi kepentingan khalayak .
4. Pemanfaatan saluran tradisional, yaitu berbagai bentuk pertunjukkan rakyat yang sejak lama berfungsi sebagai saluran pesan yang akrab dengan masyarakat setempat.
5. Pengenalan para pemimpin opini di kalangan lapisan masyarakat yang berkekurangan (disadvantage), dan meminta bantuan mereka untuk menolong mengkomunikasikan pesan-pesan pembangunan.
6. Mengaktifkan keikutsertaan agen-agen perubahan yang berasal dari kalangan masyarakat sendiri sebagai petugas lembaga pembangunan yang beroperasi di kalangan rekan sejawat mereka sendiri.
7. Diciptakan dan dibina cara-cara atau mekanisme keikutsertaan khalayak (sebagai pelaku-pelaku pembangunan itu sendiri) dalam proses pembangunan, yaitu sejak tahap perencanaan sampai evaluasinya (Nasution, 2004:163-164).
Dalam masalah pembangunan kembali Pasar Raya Padang pasca bencana, rancangan pelibatan atau partisipasi masyarakat terbentuk pada mulanya dengan mengumpulkan masyarakat dan mengklasifikasikannya sesuai bencana yang diterima, kemudian mereka akan terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan kembali sesuai kemampuan. Perencanaan merupakan salah satu upaya manusia untuk mengatur sebuah kondisi di masa mendatang sesuai dengan keinginannya. Perencanaan dalam hal ini dapat diartikan sebagai upaya pemerintah untuk menggali ide dan masukan dari masyarakat yang kemudian ditampung dan dilanjutkan dalam tahapan pelaksanaan.


2. Pembangunan Berkelanjutan
Pembangunan berkelanjutan adalah terjemahan dari Bahasa Inggris, sustainable development. Menurut laporan Brundtland dari PBB, Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan (sumber: wikipedia.org). Salah satu faktor yang harus dihadapi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial.Pembangunan berkelanjutan tidak saja berkonsentrasi pada isu-isu lingkungan. Lebih luas daripada itu, pembangunan berkelanjutan mencakup tiga lingkup kebijakan: pembangunan ekonomipembangunan sosial dan perlindungan lingkungan.

3. Pasar 
Pasar didefinisikan sebagai tempat bertemunya pihak penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi dimana proses jual beli terbentuk. Menurut kelas pelayanannya (DPP: 1998) yang dipakai maka pasar dapat dibedakan menjadi 2 (dua) kelompok yaitu: 1).Pasar tradisional, adalah pasar yang masih memakai pola manajemen yang sangat sederhana dengan ciri-cirinya setiap pedagang mempunyai satu jenis usaha, adanya interaksi antara penjual dan pembeli (tawar-menawar harga), penempatan barang dijajar kurang tertata rapi, kenyamanan dan keamanan kurang diperhatikan. 2).Pasar modern, adalah pasar yang sudah memakai pola-pola manajemen modern, dengan ciri-cirinya terdapat beberapa jenis barang dagangan yang dilakukan oleh satu pedagang, harga fixed (tetap), tata letak barang dagangan teratur dengan baik dan rapi, kenyamanan dan keamanan sudah menjadi prioritas utama. 

4. Partisipasi Masyarakat
Partisipasi dapat diartikan sebagai ambil bagian, ikut, atau turut. Istilah ini lebih populer dalam mengartikan ikutnya seseorang atau badan dalam satu pekerjaan atau rencana besar (Marbun, 2002:407). Partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan keikutsertaan masyarakat dalam suatu proyek pembangunan. Definisi partisipasi dimaknai oleh Sanoff (1990) sebagai suatu interaksi langsung dari individu-individu dalam membahas dan memahami sejumlah hal atau nilai-nilai yang dianggap penting bagi semua.
Dua hal penting dalam pendekatan partisipasi yakni individu-individu yang ”terlibat” atau ”dilibatkan” serta kesepakatan bersama atas substansi” yang dibahas dan dipahami. Partisipasi berarti perhatian mendalam mengenai perbedaan atau perubahan yang akan dihasilkan untuk suatu proyek sehubungan dengan kehidupan masyarakat itu sendiri. Hal ini sesuai dengan pendapat Nursabagio (1997) yang mengartikan partisipasi sebagai pelibatan diri semua pihak yang berkepentingan (pemerintah, swasta, masyarakat) pada suatu tekad yang menjadi kesepakatan bersama. Jadi, partisipasi adalah suatu kontribusi yang diberikan pihak lain untuk suatu kegiatan, dimana pada masalah ini adalah pembangunan kembali sebuah kawasan perekonomian. Menurut Ife (dalam Setiawan, 2000) menyebutkan bahwa tingkat pelibatan masyarakat dapat diidentifikasi mulai dari manipulasi sampai dengan kontrol oleh masyarakat sendiri.
Ada beberapa alasan yang mendasari partisipasi masyarakat dalam pembangunan:
1. Rakyat adalah fokus sentral dan tujuan akhir pembangunan, partisipasi merupakan akibat logis dari dalil tersebut.
2. Partisipasi menimbulkan rasa harga diri dan kemampuan pribadi untuk dapat turut serta dalam keputusan penting yang menyangkut masyarakat.
3. Partisipasi menciptakan suatu lingkaran umpan balik arus informasi tentang sikap, aspirasi, kebutuhan dan kondisi daerah yang tanpa keberadaannya akan tidak terungkap. Arus informasi ini tidak dapat dihindari untuk berhasilnya pembangunan.
4. Pembangunan dilaksanakan lebih baik dengan dimulai dari dimana rakyat berada dan dari apa yang mereka miliki.
5. Partisipasi memperluas zone (kawasan) penerimaan proyek pembangunan.
6. Ia akan memperluas jangkauan pelayanan pemerintah kepada seluruh masyarakat untuk pengelolaan program pembangunan guna memenuhi kebutuhan khas daerah.
7. Partisipasi dipandang sebagai pencerminan hak-hak demokratis individu untuk dilibatkan dalam pembangunan mereka sendiri (Moeljarto, 1987:48-49).
Meskipun tingkat partisipasi masyarakat dalam contoh di atas terkait masalah perencanaan dapat dianggap belum optimal, perencanaan dalam pembangunan sebuah wilayah adalah konsep yang utuh dan menyatu dalam pembangunan wilayah itu sendiri. Secara luas, perencanaan pembangunan wilayah diartikan sebagai suatu upaya merumuskan dan mengaplikasikan kerangka teori ke dalam kebijakan ekonomi dan program pembangunan yang di dalamnya mempertimbangkan aspek wilayah dengan mengintegrasikan aspek sosial dan lingkungan menuju tercapainya kesejahteraan yang optimal dan berkelanjutan. 

.III. PEMBAHASAN
III.1 Komunikasi Pembangunan Pemko Padang Dalam Rehabilitasi dan Rekonstruksi  Pasar Raya Padang Pasca Gempa 2009

Konflik Pemerintah Kota dan Pedagang
Proses rehabilitasi dan rekonstruksi Pasar Raya Padang pasca bencana gempa 2009, melahirkan konflik antara Pemerintah Kota dan Pedagang. Konflik berlangsung secara terus menerus sepanjang tahun 2009 hingga 2013. Situasi ini membuat proses pembangunan kembali Pasar Raya Padang menjadi tersendat. Konflik  berawal dari penolakan terhadap  pembangunan kios sementara yang diklaim oleh pedagang dilakukan secara sepihak oleh Pemko Padang. Menurut pedagang jumlah pembangunan kios darurat yang dibangun oleh Pemko Padang melebihi kapasitas. Korban bencana hanya Inpres I lantai 1 dan 2, dan inpres II lantai 2. Jumlah pedagang pada bangunan yang rusak karena bencana dan harus direlokasi dalam rangka memperbaiki bangunan pasar yang roboh berjumlah sebanyak + 450 orang, namun kios darurat yang dibangun sebanyak 1.100 unit. Namun, menurut Dinas Pasar kios darurat yang dibangun tersebut sudah sesuai dengan jumlah pedagang yang menjadi korban bencana. Pembangunan yang melebihi kapasitas ini menurut pedagang menutupi akses pengunjung ke pasar sehingga mengganggu aktivitas perdagangan. Gangguan aktivitas mengakibatkan pedagang mengalami kemerosotan jual beli hingga 75% dari penjualan hari-hari biasanya. Keberadaan kios darurat yang menurut pedagang dibangun secara sepihak oleh Pemko Padang menuai protes dari pedagang pasar yang akses pembeli ke tempat mereka berdagang tertutup oleh kios darurat (sumber: PBHI Sumbar). 
Pada tanggal 10 November 2009, Kepala Dinas Pasar melalui surat Nomor: 900.1699.XI/PS-09 memberitahukan kepada pedagang Inpres I, II, III dan IV untuk mengosongkan petak toko/kios untuk pindah ke kios penampungan sampai batas waktu tanggal 13 November 2009. Apabila sampai batas waktu itu tidak dilakukan, Dinas Pasar akan melakukan upaya paksa pengosongan. Pemberitahuan yang disampaikan oleh Dinas Pasar Kota Padang untuk mengosongkan petak toko/kios menyadarkan pedagang bahwa Pemko Padang juga akan merekonstruksi bangunan Inpres II, III dan IV yang layak pakai berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Teknis Gapeksindo Kota Padang. Menanggapi surat pemberitahuan Dinas Pasar tersebut, Rabu 11 November 2009, Aliansi Pedagang Pasar Raya (APPR) menggelar aksi damai dengan melibatkan 2000 pedagang ke DPRD Kota Padang (Haluan, 12 November 2009).  Hasil aksi tersebut melahirkan Rekomendasi Nomor : 175/057/DPRD-Pdg/2009 tertanggal 11 November 2009, meminta Pemko Padang agar membongkar Kios dan Los Darurat dan membicarakan dengan duduk bersama antara Pemko, DPRD dan Perwakilan Pedagang dalam pelaksanaan Rekomendasi ini. Namun rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPRD tidak mendapat perhatian dari pemko Padang dengan tetap tidak membongkar kios darurat . 
Pada hari Senin tanggal 15 November 2009, Kepala Dinas Pasar Drs. H. Deno Indra Firmansyah, MM sebagai pihak pertama menandatangani Berita Acara Serah Terima 500 buah kios dan 600 los kepada Usman Gumanti dan Joni Sofyan pegawai Dinas Pasar sebagai pihak kedua untuk mendistribusikan 500 kios dan 600 los kepada Pedagang Inpres I, II, III, dan IV. Setelah itu, Rabu tanggal 10 Februari 2010 pedagang Pasar Raya Padang melakukan aksi tutup toko dan bersama Forum Warga Kota (FWK) kurang lebih 3.000 massa melakukan aksi unjuk rasa ke rumah dinas Walikota Padang sesuai STTP No. STTP/9/II/2010/Intelkam. Gagal bertemu Walikoa Padang, massa terpancing emosi dan bentrok dengan polisi (Haluan, 16 November 2009). 
Kebijakan Pemko dalam pembangunan ulang Pasar Inpres I, II, III dan IV, dianggap oleh pedagang tidak sesuai dengan kebutuhan pedagang dan keluar dari konteks penanggulangan bencana. Meski masih dalam konflik, Pemko Padang tetap melanjutkan pembangunan Inpres I. Rencana awalnya pembangunan Pasar Raya Padang mulai dari Inpres I sampai IV menelan anggaran sebesar Rp 237 miliar. 
Pembangunan ulang Pasar Inpres I yang sekarang berganti nama dengan Blok I dianggap oleh pedagang tidak sesuai dengan kebutuhan pedagang dan keluar dari konteks penanggulangan bencana. Hal ini dikarenakan Blok I yang baru dibangun oleh Pemko tersebut ukuran dan bentuknya tidak sesuai dengan kebutuhan pedagang. Ukuran kios yang dibangun oleh Pemko di Blok I itu sangat kecil. Demikian juga halnya dengan los/ meja batu yang dibuat oleh Pemko sangat tinggi dan kecil hal ini tidak sesuai dengan jenis dagangan pedagang yang pada umumnya adalah sembako dan sayuran. Selain itu harga yang ditawarkan Pemko juga sangat tinggi. Hal inilah yang menyebabkan sebagian pedagang masih bertahan berdagang di luar Blok I. Sementara itu, menurut Dinas Pasar kios yang ada di Pasar Blok I saat ini sudah sesuai dengan konsep pasar tradisional modern, demikian juga dengan harga yang ditawarkan oleh Pemko itu sudah sesuai dengan fasilitas yang ada di Pasar Blok I Pasar Raya Padang. 
Pedagang Fase VII diminta mengosongkan toko melalui surat pemberitahuan dari dinas Pasar Kota Padang tanggal 28 Oktober 2009. Pemberitahuan tersebut disampaikan oleh Dinas Pasar karena akan dilakukan perbaikan pada lantai II dan III. Perintah pengosongan lantai I ditolak oleh pedagang fase VII karena menurut mereka, perbaikan pada lantai II dan lantai III dapat dilakukan dengan dengan mengosongkan lantai I. Penolakan yang dilakukan oleh pedagang pada fase VII didasarkan pada hasil kajian kelayakan bangunan yang dilakukan oleh Institut Tekhnologi Padang (ITP) yang telah melakukan pengujian kelayakan bangunan terhadap fase VII. Menurut rekomendasi yang diberikan oleh ITP, struktur bangunan fase VII masih layak pakai dan tidak harus dilakukan pembongkaran. Kemudian untuk melakukan perbaikan pada lantai II dan III tidak harus melakukan pengosongan pedagang pada lantai I. Meskipun pedagang memiliki argumentasi akademik dalam melakukan penolakan terhadap pengosongan dengan menggandeng ITP untuk melakukan melakukan kajian teknis, namun fihak pelaksana pembangunan pada lantai II dan III tetap ingin pedagang pada lantai I harus dikosongkan. Argumentasi pelaksana, tidak dikosongkannya bangunan pada lantai I menghambat pekerjaan pembangunan pada lantai II dan III. Hal inilah yang melahirkan konflik dan protes dari pedagang pada fase VII. Pedagang menilai pelaksana pembangunan tidak profesional. Penilaian tersebut didasarkan pada pengalaman sebelumnya, dimana pembangunan yang dilakukan pada lantai II dan III tidak dengan mengosongkan pedagang pada lantai I.
Akumulasi konflik antara Pemerintah Kota dan para pedagang jelas membuat proses rehabilitasi dan rekontruksi pasar raya Padang menjadi lambat dan terkatung-katung. Akibatnya, tidak saja merugikan para pedagang itu sendiri tetapi juga mengakibatkan menurunnya reputasi dan citra kota Padang karena pasar raya terkenal sebagai salah satu ikon kota Padang.

Kepemimpinan dan Pola Komunikasi
Tercapainya sebuah program kerja sebuah organisasi turut dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan dan pola komunikasi yang dibangun sebagai konsekwensi gaya kepemimpinan tersebut. The Situasional Theory of Leadership (Teori Situasional), mengemukakan kepemimpinan dipengaruhi oleh keadaan pemimpin, pengikut organisasi, dan lingkungan sosial. Gaya kepemimpinan seseorang dalam keadaan normal dan kritis akan berbeda (Wahyjosumidjo, 1984). Keberhasilan karena pengaruh situasi, artinya ada seorang pemimpin yang berhasil dalam keadaan normal, namun ada pula yang dapat berhasil dengan baik dalam keadaan kritis. Bagi seorang pemimpin sejati keadaan-keadaan darurat justru merupakan kesempatan baik untuk mengatasi keadaan kritis itu.
Permasalahan mendasar dalam proses rehabilitasi dan rekontruksi Pasar Raya Padang adalah tersendatnya komunikasi antara pemerintah kota Padang dengan para pedagang. Para pedagang menilai kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemko Padang cenderung sepihak, terkadang tanpa melibatkan para pedagang. Dalam situasi krisis sebenarnya pemerintah memang dituntut mengambil kebijakan secara cepat dan tepat. Jika dikaitkan dengan Fauzi Bahar sebagai walikota  yang berlatar belakang Militer, maka tentu akan muncul asumsi bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil akan lebih bersifat instruksional dan terkadang tanpa komunikasi dialogis. Hal inilah yang barangkali memunculkan kesan bahwa penanganan pasar raya Padang pasca gempa tidak cocok dengan pendekatan instruksional akan tetapi lebih sesuai dengan pendekatan dialogis. Selain itu jika dianalisis dengan penggunaan strategi komunikasi maka pola komunikasi yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Padang saat itu terasa tidak memenuhi prinsip-prinsip kumunikasi.
Seiring pergantian kepeminpinan daerah, berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, Mahyeldi bersama dengan jajaran SKPD terkait mengunjungi Pasar Raya Padang. Menurut Mahyeldi, kedatangannya tidak lagi dalam kapasitas untuk menggali permasalahan atas semrawutnya Pasar Raya Padang, karena menurutnya akar persoalan tersebut telah  diperoleh semasa kampanye dahulu. Keluhan, harapan, aspirasi para pembeli dan penjual telah dalam agendanya. Kunjungan kali ini merupakan langkah awal untuk membangkitkan kejayaan Pasar Raya Padang (Haluan, 15 Mei 2014).
Siap tidak siap, tahun 2015, ASEAN Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN diberlakukan. Liberalisasi pasar di seluruh negara dalam kawasan Asia Tenggara dimulai. Arus perdagangan baik berupa barang, jasa, tenaga kerja menjadi lebih bebas. Agar Padang tidak tertinggal jauh dalam persaingan dagang ini, pembenahan Pasar Raya Padang merupakan hal pokok. Untuk itu, tahun 2014 difokuskan pada penyelesaian pembangunan Pasar Inpres II. Adapun dana tersedia sebesar Rp 5 miliar. Bila telah rampung, maka lantai 3 dan 4 dapat digunakan sebagai lahan parkir, sehingga dapat mengurai sumber kemacetan akibat parkir sembarangan. Sedangkan pasar Inpres III dan IV, akan diselesaikan pada tahun 2016.
Dalam jangka pendek, Walikota menginstruksikan kepada SKPD terkait untuk segera melakukan pembangunan drainase sekaligus memperbaikinya. Agar ketika hujan tiba, tidak ada lagi jalan pasar yang becek dan menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, akses jalan menuju dan ke luar pasar bagaimana dibuat lancar, agar kendaraan bisa ke luar masuk dengan mudah. Salah satunya, dengan para pedagang PKL juga telah disepakati, jadwal membuka lapak adalah di atas pukul 15.00 WIB. Sehingga masyarakat yang berbelanja pagi hingga siang tidak lagi merasa waktunya terbuang sia-sia lantaran terjebak macet.
Menurut Mahyeldi, untuk jangka panjang, setelah seluruh target pembangunan Pasar Raya Padang berhasil dicapai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembinaan dan pelatihan untuk para pedagang. Seperti untuk menyikapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015, para pedagang untuk dilatih berbahasa Inggris dan internet. Di samping itu, Pasar Raya Padang akan dilengkapi peta, papan petunjuk arah lokasi para pedagang dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Taman-taman kecil juga akan dibangun dengan memanfaatkan ruang yang ada guna memberikan kesan pasar yang teduh dan sejuk.
Komunikasi Partisipatif Dalam Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasar Raya Padang
Melalui pendekatan persuasif dan dialogis yang diterapkan oleh Mahyeldi selaku walikota Padang, secara perlahan pasar raya padang mulai tertata. Para pedagang mulai bisa menerima kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah kota dalam proses rehabilitasi dan rekontruksi pasa raya Padang. Hal ini ditandai dengan semakin tertatanya kawasan jalan Permindo, jalan utama pasa raya, dan beberapa kawasan lain. Selain itu, pengoperasian terminal angkutan sementara di bekas kantor walikota juga berkontribusi mengurai kemacetan di pasar raya. Yang tidak kalah penting adalah dilanjutkan pembangunan beberapa gedung pasar yang tertunda dan terbengkalai, sehingga diharapkan pada akhir 2016 ini kesembrawutan pasar raya karena para pedagang yang menggelar dagangan secara tidak teratur bisa teratasi.
Terlepas dari pencapaian tersebut, hal penting yang menjadi tugas pemerintah kota saat ini adalah bagaimana membangun mental pedagang menjadi lebih baik dari pada biasanya. Terutama sekali untuk para pedagang kaki lima (PKL), yang terkadang bersikap dan berbuat melanggar kesepatan yang telah dibuat. Misalnya larangan berdagang di kawasan tertentu hingga pukul 15.00 WIB, seringkali dilanggar sehingga sebenarnya secara keseluruhan tidak hanya merugikan PKL itu sendiri tetapi juga para pedagang lain karena para pengunjung menjadi enggan memasuki kawasan pasar raya karena sembrawut dan macet.
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
IV.1  KESIMPULAN 
Berdasar hasil dalam pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Terdapat perbedaan-perbedaan yang cukup mendasar atas sikap pemerintah daerah khususnya dalam pelibatan masyarakat dalam proses komunikasi pembangunan terkait dengan penyikapan menangani bencana yang melanda pasar raya Padang. Komunikasi Pembangunan Pemko Padang selama periode 2009 hingga 2013 dalam rehabilitasi dan rekonstruktusi pasar raya Padang belum begitu berhasil. Hal ini ditandai dengan penolakan dari berbagai elemen pedagang terhadap beberapa program, karena dianggap merugikan pedagang dan tidak melibatkan partisipasi mereka pada saat mengambil kebijakan. Disisi lain, komunikasi pembangunan oleh Pemko Padang selama periode 2014-2016 dalam revitalisasi Pasar Raya Padang secara bertahap dinilai cukup berhasil, meskipun masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan. Hal ini ditandai dengan penerimaan program pembangunan oleh para pedagang misalnya peraturan tentang jam berjualan untuk pedagang kaki lima dan penataan kawasan jalan Permindo.
2. Tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan kembali Pasar Raya Padang sebenarnya sudah cukup tinggi. Hal ini terlihat dari aksi-aksi yang dilakukan oleh pedagang baik berupa protes terhadap kebijakan-kebijakan Pemko, maupun dari keterlibatan pedagang atau perwakilan mereka dalam dialog-dialog dengan pemerintah terkait program pembangunan kembali Pasar Raya Padang. Namun dialog-dialog seringkali menemui jalan buntu karena pola komunikasi yang dibangun oleh Pemerintah Kota kurang sesuai dengan situasi sosial masyarakat atau pedagang.
3. Hambatan terbesar dalam pembangunan kembali pasar raya Padang adalah terkait dengan tingginya tingkat ketidak percayaan masyarakat terhadap pemerintah Kota Padang periode 2009-2014 sehingga menyulitkan pemko dalam membangun komunikasi dengan masyarakat itu sendiri. Hambatan lainnya yaitu sikap dan mental pedagang  sehubungan dengan proses pembangunan, yaitu tidak disiplin dan lambat dalam menerima perubahan pembaharuan.
IV.2 SARAN
1. Dalam program rehabilitasi dan rekontruksi Pasar Raya Padang pasca gempa perlu dilakukan komunikasi intensif dengan menerapkan prinsip-prinsip komunikasi  antara seluruh stake holder seperti Pemerintah Kota, tokoh masyarakat, akedemisi dan terutama para pedagang sehingga dapat tercapai kesepakatan dan pemahaman yang sama tentang pembangunan agar proses pembangunan itu sendiri bisa didukung oleh semua pihak dan prosesnya bisa berlangsung lebih cepat dan berkelanjutan.
2. Perlu upaya merubah sikap mental masyarakat (pedagang) tantang pentingnya disiplin sehingga tercipta suasana pasar yang lebih tertib, nyaman dan kondusif.


DAFTAR PUSTAKA

BPS dan Bappeda Kota Padang (2011), Padang dalam Angka Tahun 2010, Padang. 
Departemen Perindustrian dan Perdagangan (DPP) (1998), Keputusan Perindustrian dan Perdagangan No.23/MPP/KEP/1/1998 Tentang Lembaga-Lembaga Usaha Perdagangan, Jakarta 

Effendy, Onong Uchyana. 2005. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Fitriani, Winda. 2012. Resistensi Pedagang Terhadap Kebijakan Pemko Padang Dalam Pembangunan Blok I Pasar Raya Padang. Skripsi. Padang. Universitas Andalas.

Istiyanto, Bekti. 2010. Model Terpadu Pemulihan Ekonomi Masyarakat Kawasan Objek Wisata Pantai Pasca Bencana. Jurnal Ilmiah Pariwisata Terakreditasi Vol. 15, No.2, Juli 2010. Jakarta. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Istiyanto, Bekti dan Runtiko, Agus Ganjar. 2007. Economic Recovery Masyarakat Kawasan Objek Wisata Pangandaran Pasca Gempa dan Tsunami 17 Juli 2006. Hasil Penelitian

Marbun, B.N. 2002. Kamus Politik. Jakarta. Muliasari
Moeljarto, T. 1987. Politik Pembangunan. Yogyakarta. Bayu Indra Grafika
Nasution, Zulkarimen. 2004. Komunikasi Pembangunan Pengenalan Teori dan
Penerapannya. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Nursoebagio, EH., Parwoto. 1997. Model Partisipasi Intersifikasi Penyuluhan Perumahan. Makalah pada Lokakarya penerapan strategi pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan dan Permukiman, 15 – 16 Juli 1997. Jakarta. BKP4N

Sanoff, Henry. 1990. Participatory Design: Theory and Technique. North Caroline.
Bookmaster Wahyjosumidjo. 1984. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta. Ghalia Indonesia





Surat Kabar dan Internet
Harian Haluan edisi 12 November 2009, 16 November 2009 dan 15 Mei 2014.
Diakses Rabu, 18 Mei 2016 Pukul 14.30 WIB

Diakses Rabu, 18 Mei 2016 Pukul 14.35 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar